Selasa, 30 April 2013

Psikoanalitik
- Aliran berorientasi negatif, pesimistis(perilaku manusia di dasari oleh daya-daya yang bersifat negatif, merusak, tidak di sadari: kecemasan, permusuhan, agresi .
- Agar berkembang positif : Manusia membutuhkan cara-cara pendampingan yang impersonal dan direktif (mengarahkan )
Behavioristik
- Aliran pemikiran deterministik
- Perkembangan perilaku manusia dapat di kendalikan ke arah tertentu sebagaimana yang di inginkan melalui usaha-usaha teretentu (proses belajar )yang bersifat: Impersonal dan direktif
Humanistik
- Manusia pada dasarnya baik, memiliki potensi
- Perilaku di lakukan secara sadar, bebas dan bertanggung jawab di bimbing oleh daya-daya positif yang berasaldari dirinya ke arah potensi manusiawinya secara penuh
- Agar berkembang secara positif : manusia butuh dan pendampingan secara personal, penuh penerimaan dan penghargaan (potensi positif dapat berkembang optimal )
Teori perkembangan Erich Fromm : humanistic communitarian socialism (sosialisasi komunitarian humanistik) masyarakat di mana orang-orang bergaul dengan cinta, yang  berakar dalam hubungan persaudaraan dan solidaritas. Dalam masyarakat semacam itu orang mencapai perasaan diri dan mampu berbuat kreatif alih - alih destruktif. setiap orang berpartisipasi aktif dalam pemerintahan . Ada "humanistik management" di mana individu anggota masyarakat berkumpul dengan kelompok kecil membahas isu politik dan sosial dan menyarankan kebijakan kepada pemerintahan (sistem yang mirip dengan temu kota di New England ). Ide frommmungkin bagus, tetapi banyak yang tidak dapat dilaksanakan.

Erich Fromm lahir di Frankfurt, Jerman pada tanggal 23 Maret 1900. Ia belajar psikologi dan sosiologi di University Heidelberg, Frankfurt, dan Munich. Setelah memperoleh gelar Ph.D dari Heidelberg tahun 1922, ia belajar psikoanalisis di Munich dan pada Institut psikoanalisis Berlin yang terkenal waktu itu. Tahun 1933 ia pindah ke Amerika Serikat dan mengajar di Institut psikoanalisis Chicago dan melakukan praktik privat di New York City. Ia pernah mengajar pada sejumlah universitas dan institut di negara ini dan di Meksiko. Terakhir, Fromm tinggal di Swiss dan meninggal di Muralto, Swiss pada tanggal 18 Maret 1980.
Fromm sangat dipengaruhi oleh tulisan-tulisan Karl Marx, terutama oleh karyanya yang pertama, The economic philosophical manuscripts yang ditulis pada tahun 1944. Tema dasar ulisan Fromm adalah orang yang merasa kesepian dan terisolasi karena ia dipisahkan dri alam dan orang-orang lain. Kedaan isolasi ini tidak ditemukan dalam semua spesies binatang, itu adalah situasi khas manusia. Berikut ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai teori-teori Fromm.

Teori Kepribadian Erich Fromm
Sebelum mengulas tentang teori kepribadian dari Fromm, beberapa pengalaman mempengaruhi pandangan Fromm, antara lain pada umur 12 tahun ia menyaksikan seorang wanita cantik dan berbakat, sahabat keluarganya, bunuh diri. Fromm sangat terguncang karena kejadian itu. Tidak ada seorang yang memahami mengapa wanita tersebut memilih bunuh diri. Ia juga mengalami sebagai anak dari orangtua yang neurotis. Ia hidup dalam satu rumah tangga yang penuh ketegangan. Ayahnya seringkali murung, cemas, dan muram. Ibunya mudah menderita depresi hebat. Tampak bahwa Fromm tidak dikelilingi pribadi-pribadi yang sehat. Karena itu, masa kanak-kanaknya merupakan suatu laboratorium yang hidup bagi observasi terhadap tingkah laku neurotis. Peristiwa ketiga adalah pada umur 14 tahun Fromm melihat irrasionalitas melanda tanah airnya, Jerman, tepatnya ketika pecah perang dunia pertama. Dia menyaksikan bahwa orang Jerman terperosok ke dalam suatu fanatisme sempit dan histeris dan tergila-gila. Teman-teman dan kenalan-kenalannya terpengaruh. Seorang guru yang sangat ia kagumi menjadi seorang fanatik yang haus darah. Banyak saudara dan teman-temannya yang meninggal di parit-parit perlindungan. Ia heran mengapa orang yang baik dan bijaksana tiba-tiba menjadi gila. Dari pengalaman-pengalaman yang membingungkan ini, Fromm mengembangkan keinginan untuk memahami kodrat dan sumber tingkah laku irasional. Dia menduga hal itu adalah pengaruh dari kekuatan sosio-ekonomis, politis, dan historis secara besar-besaran yang mempengaruhi kodrat kepribadian manusia.
Fromm sangat dipengaruhi oleh tulisan Karl Marx, terutama oleh karyanya yang pertama, The Economic and Philosophical Manuscripts yang ditulis pada tahun 1944. Fromm membandingkan ide-ide Freud dan Marx, menyelidiki kontradiksi-kontradiksinya dan melakukan percobaan yang sintesis. Fromm memandang Marx sebagai pemikir yang lebih ulung daripada Freud dan menggunakan psikoanalisa, terutama untuk mengisi celah-celah pemikiran Marx. Pada tahun 1959, Fromm menulis analisis yang sangat kritis bahkan polemis tentang kepribadian Freud dan pengaruhnya, sebaliknya berbeda sekali dengan kata-kata pujian yang diberikan kepada Marx pada tahun 1961. Meskipun Fromm deapat disebut sebagai seorang teoritikus kepribadian Marxian, ia sendiri lebih suka disebut humanis dialetik. Tulisan-tulisan Fromm dipengaruhi oleh pengetahuannya yang luas tentang sejarah, sosiologi, kesusastraan, dan filsafat.
Tema dasar dari dasar semua tulisan Fromm adalah individu yang merasa kesepian dan terisolir karena ia dipisahkan dari alam dan orang-orang lain. Keadaan isolasi ini tidak ditemukan dalam semua spesies binatang, itu adalah situasi khas manusia. Dalam bukunya Escape from Freedom (1941), ia mengembangkan tesis bahwa manusia menjadi semakin bebas dari abad ke abad, maka mereka juga makin merasa kesepian (being lonely). Jadi, kebebasan menjadi keadaan yang negatif dari mana manusia melarikan diri. Dan jawaban dari kebebasan yang pertama adalah semangat cinta dan kerjasama yang menghasilkan manusia yang mengembangkan masyarakat yang lebih baik, yang kedua adalah manusia merasa aman dengan tunduk pada penguasa yang kemudian dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat.
Dalam buku-buku Fromm berikutnya (1947, 1955, 1964), dikatakan bahwa setiap masyarakat yang telah diciptakan manusia, entah itu berupa feodalisme, kapitalisme, fasisme, sosialisme, dan komunisme, semuanya menunjukkan usaha manusia untuk memecahkan kontradiksi dasar manusia. Kontradiksi yang dimaksud adalah seorang pribadi merupakan bagian tetapi sekaligus terpisah dari alam, merupakan binatang sekaligus manusia. Sebagai binatang, orang memiliki kebutuhan-kebutuhan fisik tertentu yang harus dipuaskan. Sebagai manusia, orang memiliki kesadaran diri, pikiran dan daya khayal. Pengalaman-pengalaman khas manusia meliputi perasaan lemah lembut, cinta, perasaan kasihan, sikap-sikap perhatian, tanggung jawab, identitas, intergritas, bisa terluka, transendensi, dan kebebasan, nilai-nilai serta norma-norma. Kemudian teori Erich Fromm mengenai watak masyarakat mengakui asumsi transmisi kebudayaan dalam hal membentuk kepribadian tipikal atau kepribadian kolektif. Namun Fromm juga mencoba menjelaskan fungsi-fungsi sosio-historik dari tipe kepribadian tersebut yang menghubungkan kebudayaan tipikal dari suatu kebudayaan obyektif yang dihadapi suatu masyarakat. Untuk merumuskan hubungan tersebut secara efektif, suatu masyarakat perlu menerjemahkannya ke dalam unsur-unsur watak (traits) dari individu anggotanya agar mereka bersedia melaksanakan apa yang harus dilakukan.
Fromm membagi sistem struktur masyarakat menjadi tiga bagian berdasar karakter sosialnya:
1. Sistem A, yaitu masyarakat-masyarakat pecinta kehidupan. Karakter sosial masyarakat ini penuh cita-cita, menjaga kelangsungan dan perkembangan kehidupan dalam segala bentuknya. Dalam sistem masyarakat seperti ini, kedestruktifan dan kekejaman sangat jarang terjadi, tidak didapati hukuman fisik yang merusak. Upaya kerja sama dalam struktur sosial masyarakat seperti ini banyak dijumpai.
2. Sistem B, yaitu masyarakat non-destruktif-agresif. Masyarakat ini memiliki unsur dasar tidak destruktif, meski bukan hal yang utama, masyarakat ini memandang keagresipan dan kedestruktifan adalah hal biasa. Persaingan, hierarki merupakan hal yang lazim ditemui. Masyarakat ini tidak memiliki kelemah-lembutan, dan saling percaya.
3. Sistem C, yaitu masyarakat destruktif. Karakter sosialnya adalah destruktif, agresif, kebrutalan, dendam, pengkhianatan dan penuh dengan permusuhan. Biasanya pada masyarakat seperti ini sangat sering terhadi persaingan, mengutamakan kekayaan, yang jika bukan dalam bentuk materi berupa mengunggulkan simbol.
Fromm juga menyebutkan dan menjelaskan lima tipe karakter sosial yang ditemukan dalam masyarakat dewasa ini, yakni:
1. Tipe Reseptif (mengharapkan dukungan dari pihak luar)
2. Tipe Eksploitasi (memaksa orang lain untuk mengikuti keinginannya)
3. Tipe Penimbunan (suka mengumpulkan dan menimbun barang suatu materi)
4. Tipe Pemasaran (suka menawarkan dan menjual barang)
5. Tipe Produktif (karakter yang kreatif dan selalu berusaha untuk menggunakan barang-barang untuk suatu kemajuan)
6. Tipe Nekrofilus-biofilus (nekrofilus orang yang tertarik dengan kematian, biofilus:orang yang mencintai kehidupan)
Fromm juga memngemukakan bahwa bila masyarakat berubah secara mendasar, sebagaimana terjadi ketika feodalisme berubah menjadi kapitalisme atau ketika sistem pabrik menggeser tenaga tukang, perubahan semacam itu akan mengakibatkan perubahan-perubahan dalam karakter sosial manusia. Persoalan hubungan seseorang dengan masyarakat merupakan keprihatinan besar Fromm. Menurut Fromm ada validitas proposisi-proposisi berikut:
1) Manusia mempunyai kodrat esensial bawaan,
2) Masyarakat diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kodrat esensial ini,
3) Tidak satu pun bentuk masyarakat yang pernah diciptakan berhasil memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar eksistensi manusia, dan
4) Eksistensi manusia adalah mungkin menciptakan masyarakat semacam itu.
Kemudian Fromm mengemukakan tentang masyarakat yang seharusnya yaitu dimana manusia berhubungan satu sama lain dengan penuh cinta, dimana ia berakar dalam ikatan-ikatan persaudaraan dan solidaritas, suatu masyarakat yang memberinya kemungkinan untuk mengatasi kodratnya dengan menciptakannya bukan dengan membinasakannya, dimana setiap orang mencapai pengertian tentang diri dengan mengalami dirinya sebagai subjek dari kemampuan-kemampuannya bukan dengan konformitas, dimana terdapat suatu sistem orientasi dan devosi tanpa orang perlu mengubah kenyataan dan memuja berhala. Bahkan Fromm mebgusulkan suatu nama untuk masyarakat yang sempurna tersebut yaitu Sosialisme Komunitarian Humanistik. Dalam masyarakat semacam itu, setiap orang akan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi mansiawi sepenuhnya.

KONDISI EKSISTENSI MANUSIA
Dilema Eksistensi
Mengikuti filsafat dualism, semua gerak di dunia dilatarbelakangi oleh pertentangan dua kelompok ekstrim, tesa dan antitesa. Pertentangan itu akan menimbulkan sintesa, yang pada dasarnya dapat dipandang sebagai teas baru yang akan memunculkan antitesa yang lain. Itulah dinamika yang tidak pernah berhenti bergerak.
Menurut Fromm, hakekat manusia juga bersifat dualistik. Paling tidak ada empat dualistik di dalam diri manusia:
a. Manusia sebagai binatang dan sebagai manusia
Manusia sebagai binatang memiliki banyak kebutuhan fisiologik yang harus dipuaskan, seperti kebutuhan makan, minum, dan kebutuhan seksual. Manusia sebagai manusia memiliki kebutuhan kesadaran diri, berfikir, dan berimajinasi. Kebutuhan manusia itu terwujud dalam pengalaman khas manusia meliputi perasaan lemah lembut, cinta, kasihan, perhatian, tanggung jawab, identitas, intergritas, sedih, transendensi, kebebasan, nilai, dan norma.
b. Hidup dan mati
Kesadaran diri dan fikiran manusia telah mengetahui bahwa dia akan mati, tetapi manusia berusaha mengingkarinya dengan meyakini adanya kehidupan sesudah mati, dan usaha-usaha yang tidak sesuai dengan fakta bahwa kehidupan akan berakhir dengan kematian.
c. Ketidaksempurnaan dan kesempurnaan
Manusia mampu mengkonsepkan realisasi-diri yang sempurna, tetapi karena hidup itu pendek kesempurnaan tidak dapat dicapai. Ada orang berusaha memecahkan dikotomi ini melalui mengisi rentang sejarah hidupnya dengan prestasi di bidang kemanusiaan, dan ada pula yang meyakini dalil kelanjutan perkembangannya sesudah mati.
d. Kesendirian dan kebersamaan
Manusia adalah pribadi yang mandiri, sendiri, tetapi manusia juga tidak bisa menerima kesendirian. Manusia menyadari diri sebagai individu yang terpisah, dan pada saat yang sama juga menyadari kalau kebahagiaannya tergantung kepada kebersamaan dengan orang lain. Dilema ini tidak pernah terselesaikan, namun orang harus berusaha menjembatani dualism ini, agar tidak menjadi gila. Dualisme-dualisme itu, aspek binatang dan manusia, kehidupan dan kematian, ketidaksempurnaan dan kesempurnaan, kesendirian dan kebersamaan, merupakan kondisi dasar eksistensi manusia. Pemahaman tentang jiwa manusia harus berdasarkan analisis tentang kebutuhan-kebutuhan manusia yang berasal dari kondisi-kondisi eksistensi manusia.
Kondisi yang dibawa dari lahir antara tesa-antitesa eksistensi manusia, disebut dilema eksistensi. Di satu sisi manusia berjuang untuk bebas, menguasai lingkungan dengan hakekat kemanusiaannya, di sisi lain kebebasan itu memperbudak manusia dengan memisahkan hakekat kebinatangan dari akar-akar alaminya. Dinamika kehidupan bergerak tanpa henti seolah-olah manusia bakal hidup abadi, setiap orang tanpa sadar mengingkari kematian yang baka dan berusaha bertahan di dunia yang fana. Mereka menciptakan cita-cita ideal yang tidak pernah dapat dicapai, mengejar kesempurnaan sebagai kompensasi perasaan ketidaksempurnaan. Anak yang berjuang untuk memperoleh otonomi diri mungkin menjadi dalam kesendirian yang membuatnya merasa tidak berdaya dan kesepian; masyarakat yang berjuang untuk merdeka mungkin merasa lebih terancam oleh isolasi dari bangsa lain. Dengan kata lain, kemandirian dan kebebasan yang diinginkan malahan menjadi beban. Ada dua cara menghindari dilema eksistensi yaitu:
1. Menerima otoritas dari luar dan tunduk kepada penguasa dan menyesuaikan diri dengan masyarakat. Manusia menjadi budak (dari penguasa negara) untuk mendapatkan perlindungan/rasa aman.
2. Orang bersatu dengan orang lain dalam semangat cinta dan kerja sama, menciptakan ikatan dan tanggung jawab bersama dari masyarakat yang lebih baik.
KEBUTUHAN MANUSIA
Umumnya kata “kebutuhan” diartikan sebagai kebutuhan fisik, yang oleh Fromm dipandang sebagai kebutuhan aspek kebinatangan dari manusia, yakni kebutuhan makan, minum, seks, dan bebas dari rasa sakit. Kebutuhan manusia dalam arti kebutuhan sesuai dengan eksistensinya sebagai manusia, menurut Fromm meliputi dua kelompok kebutuhan; pertama kebutuhan untuk menjadi bagian dari sesuatu dan menjadi otonom, yang terdiri dari kebutuhan Relatedness, Rootedness, Transcendence, Unity, dan Identity. Kedua, kebutuhan memahami dunia, mempunyai tujuan dan memanfaatkan sifat unik manusia, yang terdiri dari kebutuhan Frame of orientation, frame of devotion, Excitation-stimulation, dan Effectiveness.
Kebutuhan Kebebasan dan Keterikatan
1. Keterhubungan (relatedness): Kebutuhan mengatasi perasaan kesendirian dan terisolasi dari alam dan dari dirinya sendiri. Kebutuhan untuk bergabung dengan makhluk lain yang dicintai,menjadi bagian dari sesuatu. Keinginan irasional untuk mempertahankan hubungan yang pertama, yakni hubungan dengan ibu, kemudian diwujudkan ke dalam perasaan solidaritas dengan orang lain. Hubungan paling memuaskan bisa positif yakni hubungan yang didasarkan pada cinta, perhatian, tanggung jawab, penghargaan, dan pengertian dari orang lain,bisa negatif yakni hubungan yang didasarkan pada kepatuhan atau kekuasaan.
2. Keberakaran (rootedness): Kebutuhan keberakaran adalah kebutuhan untuk memiliki ikatan-ikatan yang membuatnya merasa nyaman di dunia (merasa seperti di rumahnya). Manusia menjadi asing dengan dunianya karena dua alasan yaitu:
· Dia direnggut dari akar-akar hubungannya oleh situasi (ketika manusia dilahirkan, dia menjadi sendirian dan kehilangan ikatan alaminya)
· Fikiran dan kebebasan yang dikemangkannya sendiri justru memutus ikatan alami dan menimbulkan perasaan isolasi/tak berdaya.
Keberakaran adalah kebutuhan untuk mengikat diri dengan kehidupan. Setiap saat orang dihadapkan dengan dunia baru, dimana dia harus tetap aktif dan kreatif mengembangkan perasaan menjadi bagian yang integral dari dunia. Dengan demikian dia akan tetap merasa aman, tidak cemas, berada di tengah-tengah duania yang penuh ancaman. Orang dapat membuat ikatan fiksasi yang tidak sehat, yakni mengidentifikasikan diri dengan satu situasi, dan tidak mau bergerak maju untuk membuat ikata baru dengan dunia baru.
3. Menjadi pencipta (transcendency): Karena individu menyadari dirinya sendiri dari lingkungannya, mereka kemudian mengenali betapa kuat dan menakutkan alam semesta itu, yang membuatnya meras tak berdaya. Orang ingin mengatasi perasaan takut dan ketidakpastian menghadapi kemarahan dan ketakmenentuan semesta. Orang membutuhkan peningkatan diri, berjuang untuk mengatasi sifat fasif dikuasai alam menjadi aktif, bertujuan dan bebas, berubah dari makhluk ciptaan menjadi pencipta. Seperti menjadi keterhubungan, transendensi bisa positif (menciptakan sesuatu) atau negatif (menghancurkan sesuatu).
4. Kesatuan (unity): Kebutuhan untuk mengatasi eksistensi keterpisahan antara hakikat binatang dan non binatang dalam diri seseorang. Keterpisahan, kesepian, dan isolasi semuanya bersumber dari kemandirian dan kemerdekaan “untuk apa orang mengejar kemandirian dan kemerdekaan kalau hasilnya justru kesepian dan isolasi?” dari dilema ini muncul kebutuhan unitas. Orang dapat mencapai unitas, memperoleh kepuasan (tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri) kalau hakikat kebinatangan dan kemanusiaan itu bisa didamaikan, dan hanya dengan berusaha untuk menjadi manusia seutuhnya melalui berbagi cinta dan kerjasama dengan orang lain.
5. Identitas (identity): Kebutuhan untuk menjadi “aku”, kebutuhan untuk sadar dengan dirinya sendiri sebagai sesuatu yang terpisah. Manusia harus merasakan dapat mengontrol nasibnya sendiri, harus bisa membuat keputusan, dan merasa bahwa hidupnya nyata-nyata miliknya sendiri. Misalnya orang primitif mengidentifikasikan diri dengan sukunya, dan tidak melihat dirinya sendiri sebagai bagian yang terpisah dari kelompoknya.
Kebutuhan untuk memahami dan beraktivitas
1) Kerangka orientasi (frame of orientaion): Orang membutuhkan peta mengenai dunia sosial dan dunia alaminya; tanpa peta itu dia akan bingung dan tidak mampu bertingkah laku yang ajeg-mempribadi. Manusia selalu dihadapkan dengan fenomena alam yang membingungkan dan realitas yang menakutkan, mereka membutuhkan hidupnya menjadi bermakna. Dia berkeinginan untuk dapat meramalkan kompleksitas eksistensi. Kerangka orientasi adalah seperangkat keyakinan mengenai eksistensi hidup, perjalanan hidup-tingkah laku bagaimana yang harus dikerjakannya, yang mutlak dibutuhkan untuk memperoleh kesehatan jiwa.
2  Kerangka kesetiaan (frame of devotion): Kebutuhan untuk memiliki tujuan hidup yang mutlak. Orang membutuhkan sesuatu yang dapat menerima seluruh pengabdian hidupnya, sesuatu yang membuat hidupnya menjadi bermakna. Kerangka pengabdian adalah peta yang mengarahkan pencarian makna hidup, menjadi dasar dari nilai-nilai dan titik puncak dari semua perjuangan.
 Keterangsangan- stimulasi (excitation-stimulation): Kebutuhan untuk melatih sistem syaraf, untuk memanfaatkan kemampuan otak. Manusia membutuhkan bukan sekedar stimulus sederhana (misalnya: makanan), tetapi stimuli yang mengaktifkan jiwa (misalnya: puisi atau hukm fisika). Stimuli yang tidak cukup direaksi saat itu, tetapi harus direspon secara aktif, produktif, dan berkelanjutan.
4) Keefektivan (effectivity): Kebutuhan untuk menyadari eksistensi diri melawan perasaan tidak mampu dan melatih kompetensi/kemampuan.
MEKANISME MELARIKAN DIRI DARI KEBEBASAN
Masyarakat kapitalis kontemporer menempatkan orang sebagai korban dari pekerjaan mereka sendiri. Konflik antara kecenderungan mandiri dengan ketidakberjayaan dapat merusak kesehatan mental. Menurut Fromm, ciri orang normal atau yang mentalnya sehat adalah orang yang mampu bekerja produktif sesuai dengan tuntutan lingkungan sosialnya, sekaligus mampu berpartisipasi dalam kehidupan sosial yang penuh cinta. Menurut Fromm, normalitas adalah keadaan optimal dari pertumbuhan (kemandirian) dan kebahagiaan (kebersamaan) dari individu. Pada dasarnya ada dua cara untuk memperoleh makna dan kebersamaan dalam kehidupan diantaranya:
1. Mencapai kebebasan positif yakni berusaha menyatu dengan orang lain, tanpa mengorbankan kebebasan dan integritas pribadi. Ini adalah pendekatan optimistik dan altruistik, yang menghubungkan diri dengan orang lain melalui kerja dan cinta, melalui ekspresi perasaan dan kemampuan intelektual yang tulus dan terbuka. Oleh Fromm disebut pendekatan humanistik, yang membuat orang tidak merasa kesepian dan tertekan, karena semua menjadi saudara dari yang lain.
2. Memperoleh rasa aman dengan meninggalkan kebebasan dan menyerahkan bulat-bulat individualitas dan intehritas diri kepada sesuatu (bisa orang atau lembaga) yang dapat memberi rasa aman. Solusi semacam ini dapat menghilangkan kecemasan karena kesendirian dan ketidakberdayaan, namun menjadi negatif karena tidak mengizinkan orang mengekspresikan diri, dan mengembangkan diri. Cara memperoleh rasa aman dengan berlindung di bawah kekuatan lain disebut Fromm mekanisme pelarian. Mekanisme pelarian sepanjang dipakai sekali waktu, adalah dorongan yang normal pada semua orang, baik individual maupun kolektif. Ada tiga mekanisme pelarian yang terpenting, yakni otoritarianisme, destruktif, dan konfomitas.
a. Otoritarianisme (authoritarianism)
Kecenderungan untuk menyerahkan kemandirian diri dan menggabungkannya dengan seseorang atau sesuatu di luar dirinya, untuk memperoleh kekuatan yang dirasakan tidak dimilikinya. Kebutuhan untuk menggabung dengan partner yang memiliki kekuatan bisa merupakan masokisme dan sadisme. Masokisme merupakan hasil dari perasaan dasar tidak beraya, lemah, inferior yang dibawa, sehingga kekuatan itu tertuju atau menindas dirinya. Masokisme merupakan bentuk tersembunyi dari perjuangan memperoleh cinta dan kesetiaan, tetapi tidak memberi sumbangan positif kekemandirian. Sedangkan sadisme dipakai untuk meredakan kecemasan dasar melalui penyatuan diri dengan orang lain atau institusi. Sadisme juga merupakan bentuk neurotik yang lebih parah dan lebih berbahaya (karena mengacam orang lain) dibanding masokisme.
b. Perusakan (destruktiveness)
Destruktif berakar pada perasaan kesepian, isolasi, dan tak berdaya. Destruktif mencari kekuatan tidak melalui membangun hubungan dengan pihak luar, tetapi melalui usaha membalas/merusak kekuatan orang lain, individu, bahkan negara dapat memakai strstegi destruktif , merusak orang atau obyek, dalam rangka memperoleh perasaan kuat yang hilang.
c. Penyesuaian (conformity)
Bentuk pelarian dari perasaan kesepian dari isolasi berupa penyerahan individualitas dan menjadi apa saja seperti yang diinginkan kekuatan dari luar. Orang menjadi robot, mereaksi sesuatu persis seperti yang direncanakan dan mekanis menuruti kemauan orang lain.
Sosialisme Komunitarian  Humanistik
Sebagai seorang kritisi sosial, persoalan hubungan sesorang dengan masyarakat menjadi perhatian utama Fromm mempunyai 4 prosisi mengenai hubungan ini :
1. Manusia mempunyai kodrat esensial sosial bawaan
2. Masyarakat diciptakan manusia untuk memenuhi kodrat esensial bawaan ini
3. Tidak satupun bentuk masyarakat yang pernah diciptakan manusia berhasil memenuhi kebetulan-kebetulan dasar eksistensi manusia
4. Mungkin menciptakan masyarakat semacam itu
Masyarakat yang disarankan  Fromm adalah humanistic communitarian socialism (sosialisasi
komunitarian humanistik) masyarakt dimana orang-orang bergaul dngan cinta, yang berakar dalam hubungan persaudaraan dan solidaritas. Dalam masyarakat semacam itu orang mencapai pearsaan diri dan mampu berbuat kreatif alih-alih destruktif. Setiap orang berpartisipasi anggota masyarakatberkumpul dan kelompok kecil membahas isu politik dan sosial dan menyarankan kebijakan kepada pemerintah (sistem yang mirip dengan temu kota di New England ) Ide Fromm mungkin bagus, tetapi banyak yang tidak dapat dilaksanakan ,
Psikoterapi: Psikoanalisis Humanistik
Fromm mengembangkan sistem terapi sendiri,yang dinamakannya: psikoanalisis humanistik .Dibanding dengan psikoanalisis humanistik. Dibanding dengan psikoanalisis Freud, fromm lebih peduli dengan aspek intepersonal dari hubungan teraputik. Menurutnya, tujuan klien dalam tetapi adalah untuk memahami diri sendiri, orang tidak akan tahu orang lain. Fromm juga yakin bahwa klien mengikuti terapi untuk mencari kepuasan dari kebutuhan dasar kemanusiaannya, yakni ketehubungan,keberakaran,trasendensi,perasaan identitas dan kerangka orientasi. Karena itu terapi harus dibangun melalui hubungan pribadi antara terapis dengan kliennya. Komunikasi yang tepat sangat penting dalam perkembangan teraputik, dan terapis harus menghubungkan dirinya sendiri sebagai manusia kepada manusia lain dengan penuh konsentrasi dan kasih sayang. Perasaan keterlibatan yang murni akan mengembalikan perasaan klien sebagai manusia yang independen .Menurut Fromm, terapis tidak seharusnya terlalu ilmiah dalam memahami kliennya. Hanya dengan tidak dilihat sebagai sebagai orang sakit, tetapi diterima sebagai manusia dengan kebutuhan-kebutuhannyq yang tidak berbeda dengan kebutuhan terapis .

Teori perkembangan Abraham Maslow dimasukkan ke dalam  paradigma traits karena teori itu menekankn pentingnya peran kebutuhan dalam pembentukan kepribadian. Dalam hal ini kedudukam Maslow menjadi unik.Pada mulanya dia adalah pengikut setia John Watson, sehingga dapat dimasukkan ke dalam behavioris. Namun kemudian dia menyadari bahwa behavorisme dan psikoanalisis yang mengembangkan teori berdasarkan penelitian dan binatang dan orang neurotik, tidak berhasil menangkap keajiban nilai-nilai kemanusiaan. Abraham Maslow akhirnya menjadi orang pertama yang memproklamirkan aliran humanistik sebagai kekuatan ketiga dalam psikologi ( Kekuatan pertama: psikoanalisis dan kekuatan kedua: behaviorisme ).
Mencapai aktualisasi diri
Aktualisasi diri dapat di pandang sebagai kebutuhan tertinggi dari suatu hirarki kebutuhan, namun juga dapat di pandang sebagai tujuan final, tujuan ideal dari kehidupan manusia.Konsep tujuan hidup sebagai motivator ini mirip dengan konsep arsetif-self dari jung, Kekuatan-kreatif-self dari Adler atau realisasi diri dari Horney. Menurut maslow, tujuan mencapai aktualisasi diri itu bersifat alami, yang di bawa sejak lahir .Secara genetik manusia mempunyai potensi dasar yang positif.Di samping itu manusia juga mempunyai potensi dasar jalur perkembangan yang sehat untuk mencapai aktualisasi diri. Jadi orang yang sehat adalah orang yang mengembangkan potensi positifnya mengikuti jalur perkembangan yang sehat, lebih mengikuti hakekat alami di dalam dirinya. Kebutuhan neurotik merupakan perkembangan yang menyimpang dari ajlur alami. Menurut Maslow penolaka, frustasi, dan penyimpangan dari perkembangan hakekqt alami akan menimbulkan psikoptologi. Dalam pandangan ini, apa yang baik adalah semua yang mendekat ke aktualisasi diri , dan yang buruk atau abnormal adalah segala hal yang mengagalkan atau mengahambat atau menolak aktualisasi diri sebagai hakekat alami kemanusiaan. Karena itu psikoterapi adalah usaha mengembalikan orang ke jalur aktualisasi dirinya dan berkembang sepanjang lintasan yang di atur alam di dalam dirinya .
Aktualisasi sebagai tujuan final-ideal hanya dapat dicapai oleh sebagaian kecil dari populasi, itu pun hanya dalam prosentase yang kecil. Menurut Maslow rata-rata kebutuhan aktuqlisasi diri hanya terpuaskan 10%.Kebutuhan aktualisasi ini jarang terpenuhi karena orang sukar menyeimbangkan antara kebanggaan dengan kerendahan hati, antara kemampuan memimpin dengan tanggunga jawab yang harus di pikul, antara mencemburui kebesaran orang lain dengan perasaan kurang berhargq. Orang akhirnya menyangkal dan menarik diri dari kebutuhan aktualisasi diri karena perkembangan pribadi justru menimbulkan sejenis perasaan takut, terpesona, lemah, dan tiak mampu .Orang menyangkal dan menolak kemampuan dan potensi tertingginya dan kreatifitasnya. Maslow menamakan perasaan takut, gamang, perasaan tidak berharga dan meragukan kemqmpuqn diri memperoleh kemasyhuran dan aktualisasi iri sebagai Komplek Junus-Jonas Complex ( diambil dari kisah Nabi Junus, yang menolak mengingatkan umatnya yang kafir/penyembah setan, dan malahan melarikan diri naik kapal . Tuhan kemudian mengiim badai dan ikan paus untuk memakannya ).
Teori Motivasi Maslow mengatakan bahwa bila seseorang sudah mendapatkan kebutuhan dasar (jenjang pertama), maka ia tidak akan termotivasi melakukan sesuatu kalau motivatornya adalah 
kebutuhan dasar ia hanya termotivasi kalau motivatornya adalah kebutuhan jenjang-kedua. Bila kebutuhan lapisan kedua terpenuhi, ia tidak akan termotivasi mengerjakan sesuatu kalau motivatornya adalah kebutuhan jenjang-kedua. Demikian seterusnya sampai seseorang mencapai kebutuhan yang paling tinggi, yaitu aktualisasi diri.
Kelihatannya Teori Motivasi Maslow benar. Fakta-fakta di lapangan seolah-olah menunjukkan demikian. Namun, apakah kebutuhan manusia berjenjang seperti yang disodorkan oleh Maslow? Apakah orang yang telah mendapat kebutuhan dasar tidak lagi termotivasi mengerjakan sesuatu kecuali motivatornya adalah kebutuhan jenjang kedua? Dalam kalimat lain, apakah rasa percaya diri tergantung kepada terpenuhinya kebutuhan dasar dan rasa nyaman? Apakah orang harus melalui 4 jenjang kebutuhan agar bisa beraktualisasi diri?
Tidak dapat disangkal bahwa ketersediaan kebutuhan dasar atau rasa aman bisa membantu rasa percaya diri seseorang. Bila seseorang telah berprestasi, mencapai posisi tinggi dalam kariernya, atau mendapat penghargaan atas jasa-jasa yang ia lakukan- ini bisa menolong membangun rasa percaya dirinya. Seseorang bisa merasa memiliki eksistensi kalau punya uang banyak, bergelar atau berprestasi.
Namun demikian, ada kelemahan pada Teori Motivasi Maslow. Pengertian tentang kebutuhan yang berjenjang tidak tepat. Kebutuhan manusia tidak perlu dikategorikan ke lima jenjang kebutuhan. Tidak perlu ada 'kasta' kebutuhan. Manusia terdiri dari tubuh dan jiwa. Ada kebutuhan jasmani; ada kebutuhan rohani. Tubuh membutuhkan udara, makanan, air, istirahat dan ini memang diperlukan untuk menjaga agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan tubuh lemah. Cobalah tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, tidak akan lama tubuh Anda lemah, muka bisa pucat, badan lemas, dan tubuh tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari bahkan bisa sakit.

Carl Rogers adalah seorang psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien (client centered). Rogers kemudian menyusun teorinya dengan pengalamannya sebagai terapis selama bertahun-tahun.Teori Rogers mirip dengan pendekatan Freud, namun pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat.Dengan kata lain, Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah, sementara, kejahatan, dan persoalan kemanusiaan lain dipandang sebagai penyimpangan dari kecenderungan alamiah.
Teori Rogers didasarkan pada suatu "daya hidup" yang disebut kecenderungan aktualisasi.Kecenderungan aktualisasi tersebut diartikan sebagai motivasi yang menyatu dalam setiap diri makhluk hidup dan bertujuan mengembangkan seluruh potensinya semaksimal mungkin.Jadi, makhluk hidup bukan hanya bertujuan bertahan hidup saja, tetapi ingin memperoleh apa yang terbaik bagi keberadaannya.Dari dorongan tunggal inilah, muncul keinginan-keinginan atau dorongan-dorongan lain yang disebutkan oleh psikolog lain, seperti kebutuhan untuk udara, air, dan makanan, kebutuhan akan rasa aman dan rasa cinta, dan sebagainya.
Teori perkembangan Rogers tidak membahas teori pertumbuhan dan perkembangan dan tidak melakukan riset jangka panjang yang mempelajari hubungan anak dengan orang tuanya. Namun dia yakin adanya kekuatan tumbuh pada semua orang yang secara alami mendorong proses organisme menjadi semakin kompleks, ekspansi, otonom sosial, dan secara keseluruhan semaikn aktualisasi-diri. Struktur self menjadi bagian terpisah dari medan fenomena dan semakin kompleks. Self berkembang secara utuh keseluruhan, menyentuh semua bagian-bagiannya. Berkembangnya self diikuti oleh kebutuhan penerimaan positif, dan penyaringan tingkah laku yang disadari agar tetap kongruen dengan struktur self .
Menurut Rogers tujuan hidup adalah mencapai aktualisasi diri atau memiliki ciri-ciri kepribadian yang membuat kehidupan menjadi sebaik -baiknya (good life). . Pandangan ini di kembangkan berdasarkan terapi yang di lakukannya. Good life bukan sasaran yang harus dicapai, tetapi arah di mana orang dapat berpartisipasi sepenuhnya sesuai dengan potensi alamiahnya .
Pendekatan fenomenalogi dari Rogers konsisten menekankan pandangan bahwa tingkah laku manusia hanya dapat di pahami dari bagaimana dia memandang realita secara subyektif (subjective experince of reality Pendekatan ini juga berpendapat bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk menentukan nasibnya sendiri, bahwa hakekat yang terdalam dari kesempurnaan diri (purposive, trusthworthy, self perfecting). Rogers sangat kuat memegangi asumsinya, bahwa manusia itu bebas, rasional, utuh, mudah unsur-unsur konstitusi kurang mendapatkan perhatian .
Carl Rogers terkenal berkat motede terapi yang di kembangkannya, yakni tak mengarahkan (nondirective) atau terapi berpusat pada klien (client-centered therapy). Tekniknya tersebar luas di kalangan konselor pendidikan, melibatkan peneliti ke dalam sesi terapi (memakai tape recorder ) yang pada tahun 1940an membuka sei klien untuk di cermati orang lain masih tabu, dengan cara itu orang mulai belajar mengenai hakekat psikoterapi dan proses beroperasinya .

ANALISIS KASUS TEORI ERICH FROMM

Contoh lebih jelas adalah kasus di mana orangtua "menelan" anak, sehingga kepribadian anak hanyalah cerminan dari keinginan orangtua.Dalam masyarakat tradisional, hal ini terjadi dengan banyak anak, terutama anak perempuan.
Dalam hal ini, anak mendominasi atau memanipulasi orang tua, yang ada dasarnya untuk melayani anak.Jika ini terdengar aneh, izinkan saya meyakinkan Anda itu adalah umum, terutama dalam masyarakat tradisional, terutama dalam hubungan antara anak dan ibunya. Dalam konteks budaya tertentu, bahkan diperlukan: Bagaimana lagi anak laki-laki belajar seni otoritas ia harus bertahan hidup sebagai orang dewasa?
Pada kenyataannya, hampir semua orang dalam masyarakat tradisional belajar baik bagaimana mendominasi dan bagaimana menjadi tunduk, karena hampir setiap orang memiliki seseorang di atas mereka dan di bawah mereka dalam hierarki sosial.Jelas, melarikan diri dari otoriter kebebasan adalah built-in untuk masyarakat seperti itu. Tetapi perhatikan bahwa, untuk semua yang mungkin menyinggung standar modern kami kesetaraan, ini adalah cara orang hidup selama ribuan tahun. Ini adalah sebuah sistem sosial yang sangat stabil, memungkinkan untuk banyak cinta dan persahabatan, dan miliaran orang tinggal di dalamnya masih.
1.      Penarikan keluarga. Bahkan, alternatif utama yang paling terkenal karena ketidakpedulian yang sejuk, jika kebencian tidak dingin. Meskipun penarikan sebagai gaya keluarga selalu sekitar, telah mendominasi beberapa masyarakat hanya dalam beberapa ratus tahun terakhir, yaitu sejak kaum borjuis - kelas pedagang - tiba pada adegan yang berlaku.
The "dingin" versi adalah lebih tua dari dua, ditemukan di Eropa utara dan sebagian Asia, dan dimanapun pedagang adalah kelas yang tangguh.Orang tua sangat menuntut anak-anak mereka, yang diharapkan untuk hidup sampai tinggi, yang jelas standar.Hukuman bukan soal tamparan terbalik kepala dalam kemarahan penuh dan di tengah-tengah makan malam, itu adalah bukan urusan formal, ritual penuh, mungkin melibatkan switch pemotongan dan pertemuan di gudang kayu.Hukuman adalah berdarah dingin, dilakukan "untuk kebaikan Anda sendiri."Atau, suatu budaya dapat menggunakan rasa bersalah dan penarikan kasih sayang sebagai hukuman. Either way, anak-anak dalam budaya ini menjadi agak sangat didorong untuk berhasil dalam apa pun budaya mereka mendefinisikan sebagai keberhasilan.
Gaya puritan keluarga mendorong melarikan diri dari kebebasan destruktif, yang diinternalisasi sampai keadaan (seperti perang) memungkinkan rilis. Saya mungkin menambahkan bahwa jenis keluarga lebih segera mendorong kesempurnaan - hidup dengan aturan - yang juga merupakan cara untuk menghindari kebebasan yang Fromm tidak membahas. Ketika aturan lebih penting daripada manusia, merusak tidak bisa dihindari.
2.      Jenis penarikan kedua keluarga adalah keluarga modern, ditemukan di bagian yang paling maju di dunia, terutama Amerika Serikat. Perubahan sikap tentang membesarkan anak memiliki banyak orang menyebabkan gemetar pada penggunaan hukuman fisik dan rasa bersalah dalam membesarkan anak. Ide baru adalah untuk membesarkan anak-anak Anda sebagai Anda sama. Seorang ayah harus teman anak laki-laki terbaik, seorang ibu harus jodoh anak perempuan. Tapi, dalam proses mengendalikan emosi mereka, orang tua menjadi dingin acuh tak acuh. Mereka adalah, pada kenyataannya, tidak lagi benar-benar orang tua, hanya rekan-rekan habitat dengan anak mereka.Anak-anak, sekarang tanpa bimbingan orang dewasa yang nyata, berpaling kepada rekan-rekan mereka dan kepada media untuk nilai-nilai mereka.Ini adalah modern dangkal.
Melarikan diri dari kebebasan ini sangat jelas di sini: Ini adalah penyesuaian. Meskipun ini masih sangat banyak keluarga minoritas di dunia (kecuali, tentu saja, di TV!), Ini adalah salah satu kekhawatiran Fromm tentang yang paling. Sepertinya pertanda masa depan.
Apa yang membuat sebuah, baik sehat, keluarga produktif? Fromm menunjukkan bahwa ini adalah keluarga dimana orang tua mengambil tanggung jawab untuk mengajar alasan anak-anak mereka dalam suasana cinta.Tumbuh di keluarga semacam ini, anak belajar untuk mengakui kebebasan mereka dan mengambil tanggung jawab untuk diri mereka sendiri, dan akhirnya untuk masyarakat secara keseluruhan.
Contoh:Carl Rogers
Erin yakin bahwa dia merupakan orang yang sangat dermawan, sekalipun dia seringkali sangat pelit dengan uangnya dan biasanya hanya memberikan tips yang sedikit atau bahkan tidak memberikan tips sama sekali saat di restoran. Ketika teman makan malamnya memberikan komentar pada perilaku pemberian tipsnya, dia tetap bersikukuh bahwa tips yang dia berikan itu sudah layak dibandingkan pelayanan yang dia terima. Dengan memberikan atribusi perilaku pemberian tipsnya pada pelayanan yang buruk, maka dia dapat terhindar dari kecemasan serta tetap menjaga konsep dirinya yang katanya dermawan.

Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar akan kehangatan, penghargaan, penerimaan, pengagungan, dan cinta dari orang lain. Perkembangan diri dipengaruhi oleh cinta yang diterima saat kecil dari seorang ibu. Kebutuhan ini disebut need for positive regard, yang terbagi lagi menjadi 2 yaitu conditional positive regard (bersyarat) dan unconditional positive regard (tak bersyarat).

Jika individu menerima cinta tanpa syarat, maka ia akan mengembangkan penghargaan positif bagi dirinya (unconditional positive regard) dimana anak akan dapat mengembangkan potensinya untuk dapat berfungsi sepenuhnya.
 Jika tidak terpenuhi, maka anak akan mengembangkan penghargaan positif bersyarat (conditional positive regard). Dimana ia akan mencela diri, menghindari tingkah laku yang dicela, merasa bersalah dan tidak berharga.
Rogers menggambarkan pribadi yang berfungsi sepenuhnya adalah pribadi yang mengalami penghargaan positif tanpa syarat. Ini berarti dia dihargai, dicintai karena nilai adanya diri sendiri sebagai person sehingga ia tidak bersifat defensif namun cenderung untuk menerima diri dengan penuh kepercayaan.
Contoh Kasus Maslow Dalam Teori Behavioristik
Jono baru saja beranjak dari SMP menuju SMA.Ia masuk ke SMA yang terkenal sebagai SMA yang dihuni oleh orang-orang kelas atas. Padahal ia berasal dari keluarga yang tergolong menengah kebawah. Awalnya orang tua Jono tidak memperbolehkan Jono masuk kesekolah tersebut karena takut Jono terpengaruh gaya hidup mereka. Namun paksaan Jono yang yang sedemikian rupa membuat orang tuanya luluh juga.
 Setelah beberapa lama berada disekolah itu, Jono seperti mengalami diskriminasi karena ia tidak pernah mau untuk ikut bermain dengan teman-temannya saat ia diajak. Sedikit demi sedikit, Ia mulai merasa dikucilkan. Awalnya, ia tidak terpengaruh. Namun lama kelamaan, ia mulai merasa kesepian. Bahkan, teman-temannya senang sekali mengerjai Jono.Perilaku teman-temannya mulai membuat Jono tidak fokus.Prestasi belajar mulai menurun.Ini membuat Jono selalu stress.
Keadaan seperti ini mulai mengubah Jono.Jono yang selama ini selalu rendah hati mulai merasa harus seperti teman-temannya.Akhirnya muncul juga keinginan untuk bermain dengan teman-teman.Ia mencuri uang orang tuanya untuk bisa berpenampilan seperti teman-temannya. Keadaan hidup seperti ini membuat ia tak nyaman. Ia ingin sekali tidak seperti ini, namun itu hanya tinggal keinginan saja. Ketakutan akan dikucilkan membuat ia tetap menjalankan kebiasaan buruk ini.
Contoh Kasus Dalam Teori Person Centered
Hari ini adalah hari pembagian nilai ujian mid semester.Tidak biasanya Ucup mendapat rangking terakhir.Hasilnya ini membuat terkejut semua yang melihatnya.Wajar saja, Ucup merupakan siswa yang dianggap berotak encer oleh teman-temannya.Ia selalu mendapat rangking tiga besar setiap pembagian rapot. Demikian juga dengan hasil-hasil ujian, baik ujian mid semester maupun ujian akhir semester.Ia selalu mendapat nilai yang sangat baik.
Hasil buruk yang didapat oleh Ucup ternyata berasal dari kehidupan rumahnya.Ucup merupakan seorang anak angkat.Ia tidak pernah mendapat pujian dari kedua orang tua angkatnya. Bahkan orangtuanya tidak pernah melihat semua keberhasilan yang didapat oleh Ucup. Saat Ucup menceritakan hal-hal yang ia raih, orang tuanya seperti tidak mendengarkan. Ini membuat Ucup merasa orang tuanya tidak pernah puas terhadap apa yang ia raih selama ini. Ini bertolak belakang dengan kakak dan adiknya. Kakak dan adik Ucup juga meraih hasil belajar yang sama. Namun mereka selalu mendapat penghargaan dari kedua orang tuanya. Semua yang dialami oleh Ucup membuat ia menjadi “drop”. Semangat yang selama ini selalu membara seolah hilang tertiup angin. Ucup merasa seharusnya ia mendapat perlakuan yang sama dengan kedua saudaranya walaupun ia seorang anak angkat.

Daftar Pustaka
http: //www.slidshare.net/IIIII044/teori-teori-psikologi-perkembangan
http: //belajarpsikologi.com/teori-pengembangan-kepribadian/Suryabrata, Sumadi (1983). Psikologi Kepribadian.Jakarta: C.V. Rajawali
Goble, E.G.(1987). Mahzab Ketiga Psikologi Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Supratiknya, A. (1993). Psikologi Kepribadian 1 Teori-Teori PsikodinamikQ(klinis). terjemahan dari Calvin S. Hall dan Gardner Linzey, Teories of Personality.Jogyakarta:Penerbit Kanisius 

Minggu, 07 April 2013

Kesehatan Mental


Nama :Euis Trisnawati (12511512)
Tugas 1(Konsep kesehatan berdasarkan dimensi emosi,intelektual,fisik,spritual,sosial)

Emosi
Pengertian EmosiDalam kehidupan banyak sekali permasalahan, dalam berita-berita banyak dikabarkan orang masuk bui hanya karena tidak dapat menahan emosi. Pemukulan, adu fisik dan bahkan pembunuhan. Alangkah sayangnnya permasalah itu timbul hanya karena masalah sepele dan emosi yang meluap-luap.
Beberapa kejadian buruk diakibatkan karena emosi, sungguhnya emosi sendiri itu apa? banyak pakar psikologi yang meguraikan emosi itu seperti apa, yaitu :
Kata emosi berasal dari bahasa latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Arti kata ini menyiratkan bahwa kecenderungan bertindak merupakan hal mutlak dalam emosi. Menurut Daniel Goleman (2002 : 411) emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak.
Biasanya emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis.
 Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995)
Pengertian Emosi
Beberapa tokoh mengemukakan tentang macam-macam emosi, antara lain Descrates. Menurut Descrates, emosi terbagi atas : Desire (hasrat), hate (benci), Sorrow (sedih/duka), Wonder (heran), Love (cinta) dan Joy (kegembiraan). Sedangkan JB Watson mengemukakan tiga macam emosi, yaitu : fear (ketakutan), Rage(kemarahan), Love (cinta).

Seperti yang telah diuraikan diatas, bahwa semua emosi menurut Goleman pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Jadi berbagai macam emosi itu mendorong individu untuk memberikan respon atau bertingkah laku terhadap stimulus yang ada.
Dalam the Nicomachea Ethics pembahasan Aristoteles secara filsafat tentang kebajikan, karakter dan hidup yang benar, tantangannya adalah menguasai kehidupan emosional kita dengan kecerdasan. Nafsu, apabila dilatih dengan baik akan memiliki kebijaksanaan; nafsu membimbing pemikiran, nilai, dan kelangsungan hidup kita. tetapi, nafsu dapat dengan mudah menjadi tak terkendalikan, dan hal itu seringkali terjadi. Menurut Aristoteles, masalahnya bukanlah mengenai emosionalitas, melainkan mengenai keselarasan antara emosi dan cara mengekspresikan (Goleman, 2002 : xvi).
Menurut Mayer (Goleman, 2002 : 65) orang cenderung menganut gaya-gaya khas dalam menangani dan mengatasi emosi mereka, yaitu : sadar diri, tenggelam dalam permasalahan, dan pasrah. Dengan melihat keadaan itu maka penting bagi setiap individu memiliki kecerdasan emosional agar menjadikan hidup lebih bermakna dan tidak menjadikan hidup yang di jalani menjadi sia-sia
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Emosi adalah suatu perasaan (afek) yang mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya.
Intelektual
Dalam kajian budaya pengarang tidak lagi dilihat sebagai sumber segala makna teks, seperti dalam pendekatan ekspresif, walaupun ia dapat menjadi salah satu sumber makna. (pendapatnya dilihat sebagai sebuah teks yang lain). Bahkan dalam sejumlah kajian pengertian tentang pengarang bergeser dari pengarang denotatif (biologis/historis) ke pengarang sebagai penanda (namanya, seperti “Rendra” atau “Pramoedya”) yang memiliki medan konotasi tertentu. Foucault dalam: “Author Function” menunjukkan bagaimana medan konotasi itu terbentuk dari asosiasi berbagai macam teks: biografi, autobiografi, ulasan kritikus, laporan peristiwa yang menyangkut dirinya, reputasi yang beredar dalam masyarakat sezaman, dan reputasinya dalam berbagai versi sejarah sastra. Kajian tentang pembaca sebagai konsumen teks, dan sekaligus sebagai subyek yang memberikan makna pada teks, menduduki tempat penting dalam kajian budaya.
Pembaca yang dimaksud bisa merupakan pembaca yang disiratkan oleh teks, atau pembaca aktual. Dengan menerapkan teori psikoanalisa Freud, Laura Mulvey mengajukan argumennya bahwa industri film populer berfungsi sebagai pemuas kebutuhan penonton laki-laki (dalam kategori pertama: penonton tersirat) untuk “mengintip” lawan jenisnya (Storey : 129-130). Janice Radway meneliti respon wanita penggemar roman (pembaca aktual), dan menyimpulkan bahwa meskipun genre roman tersebut sarat dengan ideologi partriarkal, kenikmatan membaca memberikan peluang bagi mereka untuk membebaskan diri. Walau sejenak dari kungkungan perannya yang terbatas. (Storey : 132-138) Dalam mengaitkan antara teks dengan ”alam semesta” (koordinat pertama dalam bagan Abrams), secara umum kajian budaya menolak tradisi “mimesis”, yakni anggapan bahwa sastra dan produk budaya merupakan cermin realitas.
Wacana intelektual pasca dekonstruksi tidak lagi menerima mentah-mentah sejumlah preposisi tentang apa yang dianggap nyata. Karya kritikus feminis di bidang ini, misalnya, mempersoalkan bahwa sejumlah nilai yang disebut “kodrati” dalam budaya dan kurun waktu tertentu, adalah anggitan sosial yang menunjang suatu sistem atau ideologi. Jadi kenyataan dalam hal ini hanyalah suatu versi tekstual tentang kenyataan. Oleh karenanya, karya sastra bisa disandingkan dengan versi tersebut untuk dilihat interaksinya. Seperti halnya teks-teks budaya yang lain, karya sastra juga berfungsi untuk membangun versi tentang kenyataan. Sebagai ganti pendekatan “mimesis” kajian budaya dihadapkan pada sejumlah pilihan.
Fisik
Fisik atau dalam bahasa Inggris "Body" adalah sebutan yang berarti sesuatu wujud dan dapat terlihat oleh kasat mata, yang juga merupakan terdefinisi oleh pikiran. Kata fisik biasanya digunakan untuk suatu benda yang berwujud yang terlihat oleh mata . Fisik bisa digunakan untuk mengambarkan bentuk dari suatu benda atau untuk infrastruktur pada bangunan.Juga dapat berarti bahwa bagian tubuh manusia (badan) keseluruhan yang dapat di inderakan oleh mata serta dapat diuraikan dengan kalimat/terdefinisi.Merupakan satu kesatuan roh/jiwa,badaniah/fisik,nafas.
Spiritual
Kerohanian atau rohani, dalam maksud terhad, merujuk kepada perkara-perkara yang berkaitan dengan roh. Manakala dalam maksud yang lebih luas, membawa maksud semangat intrinsik yang dipunyai oleh segala jirim di dunia. Walaupun begitu rohani selalu dikaitkan dengan perasaan dalaman manusia yang melibatkan emosi kendiri dan penaakulan strategik.
Kesucian rohani sangat ditekankan dalam agama. Kesucian rohani membawa maksud keadaan mental yang logik dan mementingkan kebaikan manusia sejagat dan baharulah kebaikan individu itu sendiri. Rohani setiap individu merupakan penentu moral sosial masyarakat itu dan penetapan undang-undang.
Undang-undang penting dalam mengawal rohani manusia yang dijadikan bercampur baur di antara emosi positif dan emosi negatif dengan intuisi dan objektif bagi mencorakkan secara optimum manusia yang sempurna dari segi kelakuan dan personaliti.
Rohani yang kacau dikaikan juga dengan emosi negatif dari segi psikologi.
Manakala rohani yang sempurna selalu juga dikaitkan dengan aktiviti beragama individu yang tekun dan perbuatan baik yang banyak dilakukan oleh individu itu. Walaupun demikian, dari segi perspektif umum, individu yang mempunyai rohani yang baik diklasifikasikan oleh penentuan dan kepercayaan umum mengenai hal kelakuan kebaikan individu itu secara total. Membawa maksud individiu yang mempunyai kerohanian yang tinggi pada pandangan masyarakat adalah individu yang tidak pernah melakukan kesalahan langsung pada pandangan masyarakat walaupun ironinya setiap individu pasti melakukan kesalahan. Tetapi bagi individu kerohanian tinggi ini, emosi dan kelakuan negatif diperuntukkan untuk dilakukan ketika individu berada jauh dari masyarakat ataupun tidak ditonjolkan kesalahannya di kalangan masyarakat.
Sosial
Istilah ”Sosial” berasal dari akar kata bahasa Latin Socius, yang artinya berkawan atau masyarakat. Sosial memiliki arti umum yaitu kemasyarakatan dalam arti sempit mendahulukan kepentingan bersama atau masyarakat. Sosial memiliki beberapa istilah antara lain:
1. Struktur sosial - urutan derajat kelas sosial dalam masyarakat mulai dari terendah sampai tertinggi. Contoh: kasta.
2. Diferensiasi sosial - suatu sistem kelas sosial dengan sistem linear atau tanpa membeda-bedakan tinggi-rendahnya kelas sosial itu sendiri. Contoh: agama
3. Integrasi sosial - pembauran dalam masyarakat, bisa berbentuk asimilasi, akulturasi, kerjasama, maupun akomodasi
Kesimpulan: Pengertian Emosi dalam kehidupan banyak sekali permasalahan, intelektual alam kajian budaya pengarang tidak lagi dilihat sebagai sumber segala makna teks, seperti dalam pendekatan ekspresif, walaupun ia dapat menjadi salah satu sumber makna.  banyak dikabarkan orang masuk bui hanya karena tidak dapat menahan emosi, fisik sesuatu wujud dan dapat terlihat oleh kasat mata, yang juga merupakan terdefinisi oleh pikiran,spiritual kerohanian atau rohani, dalam maksud terhad, merujuk kepada perkara-perkara yang berkaitan dengan roh. Manakala dalam maksud yang lebih luas, sosial yang artinya berkawan atau masyarakat sosial memiliki arti umum yaitu kemasyarakatan dalam arti sempit mendahulukan kepentingan bersama atau masyarakat.

Teori perkembangan kepribadian menurut Erikson : Ego berkembang melalui berbagai tahap kehidupan mengikuti prinsip epigenetik,istilah yang pinjam dari embriologi.Perkembangan epigenetik adalah perkembangan tahap demi tahap dari organ organ embrio .wujud embrio pada mulanya berbentuk bola kecil yang berkembang dalam irama dan urutan tertentu. Kalau mata ,liver, organ tidak lain berkembang pada periode kritik (periode yang di sediakan alam untuk bekembang) organ itu tidak akan pernah mencapai kecemasan yang sempurna .
Ego berkembang mengikuti prinsip epigenetik, artinya tiap bagian dari ego berkembang pada tahap perkembangan tertentu rentangan waktu tertentu (yang di sediakan oleh hereditas untuk berkembang). Tahapan perkembangan yang satu terbentuk dan dikembangan di atas perkembangan sebelumnya (tetapi tidak mengganti perkembangan tahqp sebelumnya itu).Ini analog dengan perkembangan fisik anak, yang dimulai dari merangkak -duduk-berdiri-berjalan-berlari.Ketika bayi masih dalam tahap merangkak, mereka kemudian mengembangkan potensi untuk berjalan, betlari, meloncat, namun sudah mereka menguasai kemampuan untuk meloncat, mereka tetap bisa merangkak dan berjalan .Erikson menjelaskan prinsip epigenetiknya sebagai berikut : semuanya yang berkembang mempunyai rencana dasar, dan dari perencanaan ini muncul bagian-bagian, masing-masing bagian mempunyai waktu khusus untuk menjadi pusat perkembangan, sampai semua bagian muncul untuk untuk membentuk keseluruhan fungsi .
 Aspek Psikososial
Teori perkembangan dari erikson melengkapi dan menyempurnakan teori freud dalam dua hal, pertama melengkapi tahapan perkembangan menjadi delapan tahapan yakni tahapan bayi(infancy), anak (early childhood), bermain (play age), sekolah (school age ), remaja (adolesence ), dewasa awal (yong adulthood ), dewasa (adulthood) dan tua ( mature ).Freud hanya membahas 4 tahapan dari bayi sampai dengan usia sekolah .Kedua, memakai analisis konflik untuk mendiskripsi perkembangan kepribadian .Perkembangan insting seksual (seksual infantil) dipakai freud untuk menjelaskan bahwa trauma (seksual) bisa dialami manusia pada usia dini dan bagaimana pengaruhnya pada masa yang akan datang .Erikson mengakui adaanya aspek psikoseksual dalam perkembangan yang menurutnya bisa berkembang positif ( aktualisasi seksual yang dapat diterima ) atau negatif (aktualisiasi ekspresi seksual yang tidak dikehendaki ).Dia memusatkan perhatiannya kepada mendiskripsi bagaimana kapasitas kemanusiaan mengatasi aspek psikoseksual itu bagaimana  mengembangkaninsting seksual menjadi positif .
   
Konflik psikososial
Teori Erikson sendiri memakai dasar perkembangan sosial pada setiap tahap perkembangan muncul konflik sosial yang khas, yang seperti insting seksual harus dikembangkan ke arah positif .Teori perkembangan dari Erikson kemudian harus dinamakan teori perkembangan psikososial .Berikut enam pokok fikiran yang dapat dipakai untuk memahami teori perkembangan psikososial Erikson :
1.Prinsip epigenetik :  perkembangan kepribadian mengikuti prinsip epigenetik .
2.Interaksi bertentangan: disetiap tahap ada konflik sosial antara elemen sintonik (syntonic = harmonious ) dan distonik(dystonic= disrutive .Kedua elemen itu dibutuhkan oleh kepribadian bukan menghilangkan distonik, tetapi membuat keseimbangan antaranya keduanya condong ke arah sintonik.Hal itu cukup membanu untuk memenangkan konflik semacam yang timbul belakangan. Konflik antara positif an negatif itu tetap ada sepanjang hayat, justru konflik itu uang membuat kepribadian menjadi hidup .
3. Kekuatan ego: konflik psikososial di setiap tahap hasilnya akan mempengaruhi atau mengembangkan ego. Dari sisi jenis sifat yang dikembangkan, kemenangan aspek sintonik akan memberi ego sifat yang baik disebut virtue.Dari sisi energi,virtue akan meningkatkan kuantitas ego atau kekuatan ego untuk mengatasi konflik sejenis, sehinnga vrtue disebut juga sebagai kekuatan dasar (basic strength ).

Teori perkembangan kepribadian menurut Freud: Kehidupan jiwa memiliki 3 tingkat kesadaran yakni sadar (conscious) prasadar (preconscious) dan tak sadar (unconscious ).Topografi atau peta kesadaran ini dipakai untuk mendiskripsi unsur cermati (awareness) dalam setiap event mental seperti berfikir dan berfantasi .Sampai dengan tahun 1920an , teori tentang konflik kejiwaan hanya melibatkan ketiga unsur kesaran itu.Baru pad tahun 1923 frud mengenalkan 3 model struktural yang lain, yakni, id, ego, dan superego. Struktur baru ini tidak mengganti struktur lama, tetapi melengkapi atau menyempurnakan gambaran mental terutama alam fungsi atau tujuannnya .
Sadar (conscious)
Tingkat kesadaran yang berisi semua hal yang kita cermati pada saat tertentu .Menurut freud hanya sebagian kecil saja dari kehidupan mental (fikiran, persepsi, perasaan dan ingatan ) yang masuk ke kesadaran (consciousness) isi daerah sadar itu merupakn hasil prosespenyaringan yang diaturvoleh stimulus atasu cue-eksternal .Isi-isi kesadaran itu hanya bertahan dalam waktu yang singkat di daerah conscious dan segera tertekan kedaerah perconscios atau unconscious begitu orang memidahkan perhatiannya .
Prasadar ( Preconscious )
Disebut juga ingatan siap (available memory) yakni tingkat kesadaran yang menjadi jembatan antara sadar dan taksadar .Isi preconscious berasal dari conscious dari unconcious.Pengalaman yang di tinggal oleh perhatian ,semua disadari tetapi kemudian tidak lagi dicecrmati akan ditekan pindah ke daerah prasadar .Di sisi lain, isi materi daerah tak sadar dapat muncul ke daerah prasadar.Kalau sensor sadar menangkap bahaya yang bisa timbul akibat kemunculan materi taksadar materi itu akan di tekan kembali ke ketidaksadaran .Materi tak sadar yang sudah berada di daerah prasadar itu bisa muncul kesadaran dalam bentuk simbolik, seperyi mimpi, lamunan salah ucap dan mekanismne pertahanan diri.
Taksadar (Unconcious)
Adalah bagian yang palin dalam dari struktur kesadara dan menurut freud merupakan bagian terpenting dari jiwa manusia .Secara khusus freud membuktikan bahwa ketidaksadaran bukanlah Abstraksi hipotek tetapi itu adalah kenyataan empirik. Ketidaksadaran itu berisi insting,impulsdan drives yang dibawa dari lahir dan pengalaman-pengalaman traumatik (biasanya pada masa anak-anak) yang ditekan oleh kesadaran pindah ke daerah tak sadar .Isi atau materi ketidaksadaran itu memiliki kencenderungan kuat untuk bertahan terus dalam ketidaksadaran, pengaruhnya dalam mengatur tingkahlaku sangat kuat namun tetap tidak disadari .
The id
Id adalah sistem kepribadian yang asli dibawa sejak lahir .Dari id ini kemudian Akan muncul ego dan supet ego .Saat dilahirkan, id berisi semua aspek psikologik yang diturunkan, seperti insting, impuls dan drives .Id berada dan beroperasidalam daerah unconscious mewakili subjektifitas yang tidak pernah disadari sepanjang usia .Id berhubungan erat dengan proses fisik untuk mendapatkan energi psikis yang digunakan untuk mengoperasikan sistem dari struktur kepribadiannya .id beroperasi dengan prinsip kenikmatan (pleasure principlez) yaitu : berusaha memperoleh kenikmatan dan menghindari rasa sakit. Bagi id kenikmatan adalah keadaan yang relatif inaktif atau tingkat energi yang rendah dan rasa sakit adalah tegangan atau peningkatan energi yang mendambakan kepuasan .Jadi ketika ada stimuli yang memicu energi untuk bekerja timbul tegangan energi id beroperasi dengan prinsip kenikmatan, berusaha mengurangi atasu menghilangkan tegangan itu, mengemblikan diri ke tingkat energi yang rendah.Pleasure principle diproses dengan cara tibdak refleks (refleks action ) dan proses primer (primary proses).Tindak refleks adalah reaksi otonatis yang dibawa sejak lahir seperti mengejapkan mata dipakai untuk menangani pemuasan rangsang sederhana dan biasnya segera dapat dilakukan .Proses primer adalah reaksi membayangkan atau mengkhayal sesuatu yang dapat mengurangi atau menghilangkan  tegangan dipakai untuk menangani stimulus kompleks,proses membentuk gambaran obyek yang dapat mengurangi tegangan disebut pemenuhan hasrat (wish fulfillment) misalnya mimpi,lamunan, dan halusinasi psikotik .
 Id hanya mampu membayangkan sesuatu tanpa mampu membedakan khayalan itu dengan kenyataan yang benar-benar memuaskan kebutuhan. Id tidak mampu menilai atau membedakan benar-salah, tidak tahu moral. Jadi harus dikembangkan jalan memperoleh khayalan itu secara nyata, yang memberi kepuasan tanpa menimbulkan ketegangan baru khususnya masalah moral.Alasan inilah yang kemudian membuat id memunculkan ego .

Teori perkembangan kepribadian Allport: Kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisik individu yang menentukan penyesuainnya yang unik dengan lingkungannya .Suatu fenomena dinamik yang memiliki elemen psikologik dan fisiologik yang berkembang dan berubah, yang memainkan peran aktif dalam berfungsinya individu. Definisi kepribadian ini memiliki 3 unsur pokok :
1. Istilah dynamic organization dipakai merangkum dua pengertian kepribadian terus nenerus berkembang dan berubah dan di dalam diri individu ada pusat organisasi yang mewadahi semua komponen kepribadian -menghubungkan satu dengan yang lainnya .
2.Istilah psychophysical sistem mengisyaratkan bahwa kepribadian bukan hanya konstruk hipotetik ( yang dibuat oleh pengamat )tetapi merupakan fenomena byata yang merangkum elemen mental dan neutral,di satukan ke dalam unitas kepribadian .
3. Istilah determine mempertegas kembali bahwa kepribadian adalah sesuatu dan mengerjakan sesuatu , bukan sekedar konsep yang menjelaskan tingkahlaku orang tetapi
bagian dari individu yang berperan aktif dalam tingkahlaku orang itu .
Allport juga mempertimbangkan untuk tidak memakai istilah karakter dan temperamen sebagai sinonim personaliti .Menurutnya ,character mengesankan suatu aturan tingkahlaku dengan mana orang atau perbuatannya akan dinilai : orang sering digambarkan memiliki character yang baik atau jelek .Karakter berseberangan dengan kepribadian yang menggambarkan deskripsi tingkah laku yang bebas dari penilian (karakter adalah kepribadian yang menilai, dan kepribadian adalah karakter yang tidak menilai ).Temperament mengacu ke disposisi yang berkait erat dengan determinan biologik atau fisiologik .Jadi hereditas memainkan peran penting dalam temperament sebagai bahan baku bersama-sama kecerdasan dan fisik membentuk kepribadian .
Sifat (Trait )
Trait adalah predisposisi untuk merespon secara sama kelompok stimuli yang mirip, suatu struktur neuropsikik yang memiliki kemampuan untuk menjadikan banyak stimulus berfungsi ekuivalen dan memulai serta membimbing bentuk-bentuk tingkah laku yang adatif dan ekspresif .Jadi trait sebagai struktur neuropsikik membimbing oran  tua untuk bertingkahlaku yang konsisten linta waktu dan tempat, merespon secara sama   
kelompok stimuli yang mirip .Allport menjelaskan sifat-sifat yang terpenting dari trait sebagai berikut :
 1.Nyata: Trait itu bukan konsep abstrak tetapi obyek nyata, yakni struktur neoropsikis .Suatu hari nanti, nerofisiologi akan dapat menjelaskan (misalnya pada trait takut, agresif, kejujuran, introversi, ekstravesi,dll ) bagaimana berlangsungnya proses integrasi,penjembatanan dan tahap urutan yang berhubungan dengan konstruk hipotetik kita sekarang ini .
2.Membuat banyak stimuli befungsi ekuivalen: mengandung pengertian bahwa trait itu telah menetapkan orang untuk memandang berbagai stimulus memiliki makna yang sama dan merespon stimuli itu dengan tingkah laku yang mirip .
3.Mengubah atau menentukan tingkah laku: Trait muncul bukan hanya kalau ada stimulus yang sesuai .Tenaga dorongnya bervariasi, traits yang kuat memiliki kekuatan motif untuk menggerakan tingkah laku, mendorong orang mencari stimulus yang sesuai sehingga dapat menampung ekspresi trait itu.Trait yang lemah hany berperan mmbimbing tingkah laku yang sudah siap untuk bergerak .
4.Empirik: Trait dapat disimpulkan melalui berbagai pembuktian empirik .pertama trait disimpulkan dari terjadinya tingkah laku berulang yang mempunyai makna yang sama ,mengikuti rentangan stimulus tertentu yang memiliki makna personal yang sama .Kedua, trait disimpulkan berdasarkan keajegan tingkah laku .Namun keajegan ini tidak mutlak karena trait bisa disimpulkan dari kesatuan keselarasan yang lembut dari berbagai manifestasi tingkah laku individu .ketiga trait disimpulkan dari jawaban atau kegiatan merespon stimuli kuesioner .
5.Kemandirian yang relatif trait dapat dikenali bukan dari kemandiriannya yang kaku,tetapi dari kecenderungannya di seputar operasi pengaruhnya .Tingkah laku dari suatu trait tertentu dipengaruhi oleh trait yang lain saling tumpang tindih tanpa batas yang jelas .