Senin, 06 Oktober 2014

Sistem Informasi Psikologi

Pengertian Informasi & Pengertian sistem informasi psikologi


Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. sedangkan Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
             Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem Informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. Atau dalam pengertian lainnya, Sistem Informasi merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang  membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.

Informasi adalah suatu kegiatan pengolahan data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya yang kemudian diolah menjadi suatu bentuk yang lebih bermakna, berarti, dan mudah dipahami, dimana orang lain akan mudah menangkap maksud dari data-data yang diolah tadi sehingga menjadi sebuah pengetahuan bagi orang lain yang membacanya. Sistem adalah suatu tahap-tahap yang terorganisir dan dikoordinasikan untuk mencapai suatu tujuan atau hasil yang ingin dicapai. Psikologi adalah sebuah ilmu atau studi sistematik yang mempelajari tentang kejiwaan, perilaku manusia, proses mental, dan kesadaran manusia. Dari penjelasan mengenai pengertian sistem, informasi dan psikologi, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang terstruktur dimana tersedianya informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat digunakan sebagai sumber pustaka dalam pengambilan keputusan dalam sebuah penelitian, perencanaan, dan pengolahannya. Sistem informasi psikologi harus bersifat user friendly agar memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Pengertian dari sistem, informasi, dan psikologi diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar