Kamis, 10 Oktober 2013

Tulisan 2 Psi.manajemen



Di dalam menjalankan fungsi manajemen dan operasi, mendapatkan bantuan dari perkembangan motode kuantitatif dan model-model perdekatan terhadap perilaku manusia karena memang ke sanalah arah perkembangan lingkungan ini, Jadi produktiviatas tidak saja dipengaruhi oleh lingkungan fisik, namun juga oleh norma-norma sosial .
Ada beberapa pendapat yang beranggapan bahwa manajemen itu hanya diperlukan dalam lapangan perushaan. Sekarang ini pendapat semacam ini tentu saja sangat keliru.  Sebab, dalam kenyataannya manajen juga sangat dibutuhkan pada bidang lainnya, seperti lapangan kemiliteran, penddikan, rumah sakit hingga yayasan-yayasan sosial. Seorang dokter yang harus memimpin sebuah rumah sakit, seorang hakim yang memimpin sebuah pengadilan, juga seorang aahli farmasi yang harus memimpin sebuah parbik obat dan sebagainya, semua itu memerlukan manajemen dapat dipastikan mereka tak akan dapat memimpin dengan baik. Kegagalan atau ketidaklancaran proses manajemen sedikit banya dipengaruhi atau ditentukan oleh perhitungan atau ketelitan dalam penggunaan uang, Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan material atau bahan-bahan, di samping mesin-mesin. Dalam praktek manajemen, mesin sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas  manajemen.
Bagi badan yang bergerak dibidang industri, maka sarana manaemen lainnya yang penting adalah market atau pasar. Tanpa adanya pasar bagi hasil prduksi, tujan perusahaan jelas tidak dapat dituntut untuk dapat mempertahankan pasar yang sudah ada, dan bila mungkin berusaha mencari pasar baru bagi hasil produksi.
Setaiap organisasi du dalam mencapai tujuannya kemungkinan besar akan berhasil bila mampu membuat suatu perencanaan, mapu mengorganisir, memberikan pengarahan-pengarahan kerja ,mengkoordinasikan  antara bagian-bagiannya serta mampu pula untuk melakukan pengawasan Tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan poencapain tujuan akan ebih sulit. Dari uraian singkat itu, kiranya yang daat dikatakan, setidaknyanya ada 3 alasan utama diperlukannya manajemen:
1. Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi.
2. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujua-tujuan yang saling bertantangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi, seerti pemilik dan karyawan, maupun kreditur, pelanggan, konsunen, supplier, serikat peerja, asosiasi perdagangan, masyarakat dan pemerintah.
3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.Suatu kerja rganisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda salah satu cara yang umum adalah efesiensi dan efektivitas. Efesiensi  adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar dengan membandingkan keluaran(hasil produktivitas, mesin, perfomance) yang digunakan. Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, manajer yang efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode yang tepat untuk mencapai tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar