Sabtu, 07 Januari 2012

MANUSIA dan KEGELISAHAN

PENGERTIAN KEGELISAHAN
   
   KEGELISAHAN berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tentram hatinya,selalu merasa kwatir tidak tenang,tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram  hati maupun perbuatannya , merasa kwati, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan . Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau geral gerik seseorang dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Karena itu dalam pengertian sehari-hari kegelisahan juga diartikan kecemasan. kekwatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang dinginkan tercapai. Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat,bahwa da tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (objektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
Kecemasan terbagi menjadi 3 yaitu : Kecemasan objektif, kecemasan neorotis, kecemasan moril,
  Kecemasan objektif : suatu pengalam perasaan sebagai akibat pengamataan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam limgkungan sesorang yang mengancam untuk mencelakakannya .
  Kecemasan neorotis :Timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasan dibagi tiga macam yakni :kecemasan yang timbul karena penyesuain diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional(phobia) dan rasa takut lain kareana gugup, gagap, dan sebagainya.
   Orang yang merasa kegelisahan akan merasa keterasingan, kesepian, ketidakpastian , dan beberapa sebab orang yang tak dapat berpikir dengan pasti ialah :Obsesi, Phobia, Kompulasi, Hysteria, Delusi, Halusinasi, Keadaan emosi .


Sumber: Ellysa    



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar